Cara Mengatasi Hidung Tersumbat pada Anak Paling Praktis

Cara Mengatasi Hidung Mampet pada Anak
Disaat memasuki musim penghujan seperti saat sekarang ini, flu dan juga pilek menjadi persoalan hidung tersumbat yang banyak ditemukan. Bila dirasakan, masalah hidung tersumbat akan menyebabkan gangguan terhadap aktivitas yang dilakukan sehari - hari. Masalah hidung tersumbat pada anak maupun orang dewasa memang sangat menganggu proses pernapasan, dimana benapas menjadi lebih sulit dari pada biasanya dan juga membuat kita bernapas tidak nyaman. Lalu bagaimana cara mengatasi hidung tersumbat pada anak?

Apalagi hidung tersumbat pada anak ini dialami saat mau tidur, tentunya akan bikin kesal sekali. Aktivitas jadi terganggu, tidur jadi tidak nyaman, akibat dari ulang hidung tersumbat ini. Tak hanya anak, masalah hidung tersumbat bisa dialami oleh siapa saja, dari berbagai kalangan usia, termasuk bayi. Disaat orang dewasa mengalami masalah hidung tersumbat ini maka dia bisa mengatasinya dengan sendiri, akan tetapi lain halnya apabila terjadi hidung tersumbat pada anak bahkan bayi. Tentu Bunda akan dibuat repot untuk mengatasi hidung tersumbat pada anak tersebut, apalagi si anak masih kesulitan membuang ingusnya sendiri. Sedih rasanya melihat mereka murung dan tidak selincah biasanya, bukan?. Untuk membantu melegakan pernapasan anak, berikut adalah beberapa cara mengatasi hidung tersumbat paad anak.

Cara Mengatasi Hidung Tersumbat pada Anak Paling Praktis

Berikut adalah beberapa cara cara alami untuk membantu melegakan pernapasan pada anak.

Buatkan Makanan Sehat yang Hangat

Ketika mengalami hidung tersumbat, anak akan merasa lebih nyaman jika buatkan makanan sehat yang hangat dan berkuah, lezat dan bergizi tentunya, seperti sup ayam dengan campuran sayur mayur. Hindarkan bahan instant, gunakan saja bahan pangan alami untuk membuat sup tersebut. Untuk menghindari berkembangnya mikroba patogen pada saluran pernapasan, bisa gunakan larutan probiotik Talami untuk merendam bahan pangan sebelum membuat sup. Selain membuat anak merasa hangat, kuah sup juga bisa membantu menambah kebutuhan cairan anak. Lalu pastikan juga anak mengonsumsi air putih hangat sebanyak mungkin.

Membantu membuang ingus

Cara mengatasi hidung tersumbat pada anak, jika anak sudah berusia 2 tahun ke atas bisa dilakukan dengan melatih anak untuk membuang ingusnya sendiri. Namun, untuk anak-anak yang lebih kecil, Anda harus membantunya membuang ingus. Salah satu cara alami yang masih dilakukan dari zaman dulu hingga zaman now adalah menyedot hidung dengan mulut untuk mengeluarkan ingusnya.

Menguapi Hidung Anak

Proses penguapan ini juga membantu mengatasi hidung tersumbat pada anak dan tentu Bunda bisa melakukannya dari rumah sendiri. Caranya dengan mengisi baskom dengan air panas, lalu teteskan minyak kayu putih ke dalamnya. Suruh anak untuk menghirup uap hangat yang naik dari baskom tersebut.

Menghangatkan Tubuh si Anak

Hindari menghidupkan pendingin ruangan dengan suhu yang terlalu rendah adalah cara mengatasi hidung tersumbat pada anak, disaat hendak tidur. Lakukan sebaliknya coba hangatkan tubuh si kecil dengan mengusapkan minyak telon atau minyak kayu putih ke sekujur badan si anak. Jangan biarkan tubuh anak kedinginan disaat mau tidur karena hidungnya bisa semakin tersumbat.

Mengatur Posisi Tidur Anak

Arahkan anak untuk tidur berbaring terlentang dengan bantal lebih tinggi daripada biasanya. Sebab, berbaring terlentang tanpa bantal biasanya membuat anak semakin sulit bernafas. Bila hidung tersumbat sebelah, maka cara mengatasinya dengan tidurkan anak dalam posisi miring yang berkebalikan dengan sisi hidung yang tersumbat. Jika hidung kiri yang tersumbat, maka miringkan tubuhnya ke kanan, begitu pula sebaliknya.

Memijat daerah T

Pijat daerah T dari wajah anak (hidung dan dahi). Beri tekanan lembut, jangan keras - keras di bagian ini adalah cara mengatasi hidung tersumbat pada anak, sebab sangat membantu meringankan hidung yang tersumbat dan juga kepala pusing yang dirasakan anak.

Gunakan Probiotik Tetes Hidung Nusitol

Selain cara cara tersebut diatas, Bunda juga bisa menggunakan probiotik tetes hidung Nusitol. Selain cara mengatasi hidung tersumbat pada anak, probiotik Nusitol juga bermanfaat untuk mencegah munculnya gangguan atau penyakit pada hidung yang lebih kompleks seperti sinusitis pada anak, polip hidung pada anak, konka hidung membesar, bronchitis, asma hingga infeksi saluran pernapasan akut.

Demikian beberapa cara mengatasi hidung tersumbat pada anak yang dapat dilakukan Bunda dari rumah sendiri.

Post a Comment

MKRdezign

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget