Ternyata Ini Gejala Polip Hidung, Kenali Sejak Dini Demi Kesehatan Anak

Gejala Polip pada Anak
Fungsi lendir atau mukus yang dihasilkan oleh sinus adalah membantu mengendalikan suhu dan kelembapan udara yang masuk ke paru - paru. Lendir ini mengalir ke hidung melalui saluran-saluran kecil. Saluran ini bisa terhalang oleh pembengkakan atau pembesaran daging tumbuh di dalam rongga hidung, yang sering disebut polip hidung. Polip bukan merupakan sel kanker, polip hidung adalah sebuah jaringan lunak yang tidak menyebabkan rasa sakit. Polip hidung dengan ukuran kecil tidak menunjukkan gejala. Gejala polip hidung baru dapat dirasakan penderitanya ketika polip mempunyai ukuram yang relatif besar sehingga menganggu pernapasan penderitanya.

Tumbuhnya polip hidung pada anak dapat menyebabkan permasalahan kesehatan lain yang sangat mengganggu, membuat si anak merasakan hal yang sangat tidak nyaman. Selain rongga hidung, polip juga dapat tumbuh di organ tubuh yang lain seperti pada rahim, usus, lambung dan sebagainya. Ada baiknya kenali gejala polip hidung sejak dini agar pencegahan dan pengobatan dapat dilakukan sedini mungkin.

Tentang: Penyebab Polip Hidung pada Anak.

Gejala Polip Hidung

Ada beberapa gejala polip yang dapat dikenali sejak dini untuk menjaga kesehatan anak.

Hidung Mampet Berkepanjangan

Gejala polip berupa hidung mampet berkepanjangan dapat memicu terjadinya polip hidung pada anak. Oleh karena itu Bunda harus bisa menjaga kondisi kesehatan anak dengan baik dan benar, termasuk menjaga kebersihan hidung.

Sakit Kepala Terus Menerus

Apabila anak Bunda sering mengalami sakit kepala terus menerus, bisa jadi kondisi tersebut menandakan adanya polip hidung pada anak Bunda. Walaupun sakit kepala terus menerus tidak selalu menandakan terjadinya polip, ada baiknya memeriksakan anak untuk memastikan kondisi tubuhnya. Gejala polip hidung ini nantinya akan menyebabkan adanya penumpukan cairan dalam rongga sinus. Cairan tersebut adalah sebuah tempat yang sangat disukai oleh bakteri patogen untuk berkembang biak. Jumlah bakteri patogen yang berkembang lebih banyak lambat laun akan mempengaruhi kinerja otak dan membuat sakit kepala terus menerus, juga gangguan pernapasan. Gangguan pernapasan ini otomatis menyebabkan gangguan suplai oksigen ke otak dan organ tubuh lainnya. Otak yang kekurangan suplai oksigen tentu akan mengakibatkan gejala sakit kepala.

Sakit di Bagian Wajah

Gejala polip hidung juga ditandai dengan rasa nyeri maupun rasa sakit di bagian wajah. Adapun area wajah yang sakit ini biasanya merupakan area hidung yang terkena polip. Hal ini dikarenakan adanya tekanan dan paksaan kepada otot anda untuk menyediakan ruang yang lebih besar lagi.

Mengeluarkan Lendir dari Hidung ke Tenggorokan

Umumnya pada saat anak berbaring, ia akan merasakan ada lendir yang menetes ke tenggorokan, itulah gejala polip hidung. Sebaiknya minta anak berbaring dengan posisi kepala sedikit lebih tinggi, sehingga kemungkinan jatuhnya lendir tidak terjadi.

Hidung Terlihat Tidak Simetris

Gejala ini menunjukkan polip di dalam rongga hidung sudah mulai membesar, sehingga mengganggu bentuk hidung.

Gangguan Indra Penciuman

Lubang hidung yang tersumbat polip pastinya akan mengakibatkan gangguan indera penciuman. Indera penciuman ini juga mempunyai kaitan yang erat dengan indera perasa. Gejala polip hidung ini akan mengakibatkan penurunan fungsi indera penciuman sekaligus sebagai indera perasa.

Telinga Terasa Penuh

Saluran antara hidung dan juga telinga adalah saluran yang saling berkaitan. Saat hidung tersumbat, biasanya telinga ini akan mengalami gangguan dan terasa seperti penuh (gejala telinga bindeng). Telinga terasa penuh adalah gejala polip hidung pada anak yang bisa juga ditemukan. Dalam perkembangannya, bila indera pendengaran ikut terganggu maka dapat jadi keseimbangan tubuh juga turut terganggu karena telinga adalah pusat dari sistem keseimbangan.

Sakit Gigi

Mulailah waspada apabila anak Bunda merasakan sakit gigi seperti nyeri yang luar biasa terutama dibagian rahang atas, karena hal itu merupakan salah satu gejala polip hidung yang sering dialami oleh penderita.

Itulah beberapa gejala polip yang bisa dicermati pada anak Bunda. Jaga selalu kesehatan dan kebugaran anak agar terhindar dari penyakit polip pada hidung.

Post a Comment

MKRdezign

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget