Cara Paling Efektif Mengatasi Bayi Kembung atau Kolik pada Bayi

Solusi Perut Kembung pada Bayi

Cara paling efektif mengatasi bayi kembung atau kolik pada bayi adalah dengan cara tradisional dan alami saja. salah satu penyebab perut kembung pada bayi adalah produksi laktosa berlimpah dari ASI sehingga bayi minum ASI tergesa - gesa padahal organ pencernaan bayi baru dalam masa pertumbuhan (belum tumbuh sempurna) sehingga produksi enzim laktase yang berfungsi mencerna laktosa belum optimal. Akibatnya gelembung udara bisa turut masuk bersama laktosa yang diminum bayi. Gelembung udara menumpuk hingga akhirnya terjadi perut kembung pada bayi, bila dipukul pelan dengan telapak tangan perut bayi berbunyi dung dung.

Permasalahan yang terjadi pada saluran pencernaannya juga biasa di sebut kolik pada bayi. Istilah kolik pada bayi memiliki gejala yang hampir sama dengan gejala perut kembung pada bayi.
Perut kembung pada bayi yang tak kunjung reda bisa menyebabkan bayi rewel terus terusan, orang menyebutnya dengan istilah kejadian kolik pad bayi. Untuk itu diperlukan cara paling efektif mengatasi bayi kembung atau kolik pada bayi agar tak kelelahan akibat capek karena menangis tiada henti. Tips tradisional berikut adalah salah satu solusi cara paling efektif mengatasi bayi kembung atau kolik pada bayi.
  1. Jika sudah terlanjur, pada saat akan menyusui berikutnya maka periksalah posisi kepala bayi agar selalu lebih tinggi daripada perutnya. Dengan begitu susu akan langsung masuk ke bagian bawah perut dan udara naik keatas.
  2. Setelah bayi selesai minum maka biasakan untuk sendawakan bayi. Caranya gendong bayi, posisikan kepala bayi di pundak. Lalu tepuklah dengan lembut punggung bayi. Lakukanlah beberapa saat, tunggu hingga bayi bersendawa.
  3. Menggosok dan memijat perut bayi dengan lembut. Bisa menggunakan minyak pijat yang tidak panas.
  4. Letakkan bayi dengan terlentang, angkat kedua kakinya. Lalu gerakkan seperti orang sedang berjalan. Lakukan beberapa saat. Ini juga salah satu cara mengatasi bayi kembung yang sudah dilakukan sejak lama.
  5. Amati juga apakah penyebab perut kembung pada bayi itu terjadi setelah minum susu formula tertentu. Jika itu penyebab perut kembung pada bayi, sebaiknya gantilah dengan susu formula sebelumnya.
  6. Hindari membuat bubur bayi dengan bahan - bahan yang memicu timbulnya gas berlebihan di perut bayi. Gas berlebihan adalah salah satu penyebab perut kembung pada bayi. Misalnya: kentang, kol, jagung, kubis, kacang - kacangan dan lain sebagainya.
Selain cara mengatasi bayi kembung atau kolik pada bayi dengan tips tradisional diatas, Bunda juga dapat menggunakan nutrisi probiotik Kidomi Honey. Kidomi Honey adalah salah satu produk madu probiotik terbaik untuk anak dan bayi. Caranya mudah, cukup oleskan Kidomy Honey pada puting susu Bunda saat hendak menyusui atau oleskan pada mulut bayi. Berikan secara rutin satu sampai dua kali saja setiap hari.

Kegunaan probiotik Kidomi Honey ini adalah membantu mempercepat produksi enzim laktase pada bayi hingga batas optimal sesuai usianya, sehingga dapat mencerna laktosa dengan maksimal. Selain itu dapat meningkatkan kekebalan tubuh serta kecerdasannya. Penggunaan cukup dengan dosis rendah dan rutin. Gangguan pencernaan pada bayi mengakibatkan bayi kurang nyaman sehingga menangis tiada henti dan tidak bisa tidur nyenyak. Periksalah segera apa itu kolik pada bayi, apa penyebab perut kembung pada bayi dan bagaimana cara paling efektif mengatasi bayi kembung atau kolik pada bayi agar bayi selalu nyaman dan tidak rewel lagi.

Post a Comment

MKRdezign

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget