Info Terkini Penyebab Polip Hidung pada Anak

Penyebab Polip
Di negeri kita, penyakit polip lebih sering terjadi di bagian saluran pernafasan rongga hidung atau sinus. Penyakit ini juga lebih sering diderita oleh pria dibandingkan wanita. Polip hidung tidak mengenal usia selain bisa dialami anak, juga bisa menyerang pada usia setengah baya hingga menuju dewasa, bahkan lanjut usia. Polip hidung pada anak bukanlah penyakit tunggal, namun banyak penyebab polip yang sangat berhubungan dengan masalah kesehatan Telinga, Hidung, Tenggorokan (THT) lainnya seperti asma pada anak, radang kronis mukosa hidung, kista fibrosis, rhinitis alergi dan lainnya.

Penyebab Polip pada Anak

Masih belum ada yang menerangkan secara jelas mengapa bengkak dalam hidung penyebab polip pada anak bisa muncul dengan warna keabu - abuan yang menggantung mirip dengan tangkai hingga saat ini. Namun salah satu literatur menerangkan, ada beberapa faktor yang bisa terjadi secara mudah proses polip hidung muncul. Antara lain adalah terjadinya radang kronis yang berulang ulang pada mukosa hidung dan juga hal yang sama terjadi pada kasus sinus paranasal, gangguan pada keseimbangan vasomotor, terjadi peningkatan pada cairan intersitial dan edema atau terjadi pembengkakan pada mukosa hidung.
Berikut adalah beberapa penyebab polip yang dapat terjadi pada anak.

Faktor Genetik

Menurut hasil penelitian, ternyata polip hidung pada anak juga bisa diderita akibat adanya riwayat penyakit turunan.

Kelainan Syaraf

Kerusakan syaraf menyebabkan kerja sistem metabolisme tidak normal, akibatnya sistem kekebalan tubuh menurun sehingga dapat menimbulkan berbagai penyakit. Termasuk kelainan syaraf dapat terjadi pada rongga hidung sehingga berpotensi menjadi penyebab polip pada anak.

Kelebihan Konsumsi Aspirin

Bila dikonsumsi berlebihan untuk penahan rasa sakit, peradangan dan lainnya maka selain akan menyebabkan efek kecanduan yang sulit dihilangkan, juga tubuh anda akan memberikan respon yang tidak diharapkan sebagai tanda penolakan atas masuknya senyawa itu kedalam tubuh. Salah satu bentuk respon itu adalah tumbuhnya polip hidung.

Asma

Asma pada anak adalah salah satu penyakit yang menyerang saluran pernapasan. Pada saat anak menderita asma, maka akan terjadi penyempitan sel pernapasan sehingga mengurangi kapasitas ruang di rongga hidung dan paru-paru. Waspadailah asma pada anak, karena ada kemungkinan dapat menyebabkan timbul penyakit polip.

Infeksi

Infeksi terjadi karena sistem kekebalan tubuh menurun. Dalam kondisi tubuh anak yang lemah semua kemungkinan bisa terjadi, termasuk polip hidung pada anak. Oleh karena itu, pastikan agar kondisi tubuh si anak tetap bugar dan sehat dengan cara memastikan waktu istirahat yang cukup, memakan makanan yang sehat dan bergizi, serta rajin olahraga.

Alergi

Alergi juga dapat menjadi pintu masuk penyebab polip yang menyerang anak. Karena pada saat alergi, sistem kekebalan tubuh sedang dalam keadaan kacau dan tidak mampu memfilter atau menyaring secara baik bakteri patogen yang ingin masuk ke dalam tubuh. Jenis alergi yang paling berpotensi penyebab polip adalah alergi rhinitis atau alergi yang terjadi karena adanya kontak dengan debu atau dengan bulu binatang - binatang tertentu.

Kurangnya menjaga kebersihan hidung

Kurangnya menjaga kebersihan hidung maka akan menyebabkan penyakit polip hidung pada anak. Biasakan anak menjaga kebersihan hidung.

Sinusitis Jamur

Sinusitis jamur adalah salah satu bentuk penolakan terhadap jamur atau bakteri yang tersebar di udara. Sehingga penyebarannya dilakukan melalui saluran pernapasan, rongga hidung salah satunya. Pada saat udara yang mengandung banyak bakteri dan jamur masuk melalui rongga hidung, memungkinkan ada sisa - sisa bakteri dan jamur yang tertinggal di sisi atap atau dinding rongga hidung. Sisa sisa bakteri yang tinggal adalah potensi penyebab polip pada anak. Jika tidak segera dibersihkan, hal ini bisa memicu tumbuhnya polip yang berupa sel berisi cairan di rongga hidung.

Sindrom Chrug Strauss

Sindrom ini adalah sindrom dimana terjadinya radang pembuluh darah. Pembuluh darah pada rongga hidung sangat sensitif. Bila terjadi radang pembuluh darah di daerah sensitif maka potensi penyebab polip sangat tinggi termasuk mudah terkena berbagai macam penyakit.

Fibrosis Kistik

Fibrosis Kistik adalah saat dimana tubuh memproduksi kandungan cairan kental seperti lendir melebihi dari batas wajar. Hal ini adalah potensi penyebab polip pada anak, karena adanya kapasitas cairan atau lendir yang terlalu berlebihan dapat menutup kapasitas ruang di beberapa organ tubuh tertentu, sehingga menghambat peredarah darah pula.

Demikian info terkini penyebab polip hidung pada anak, jaga selalu kebugaran dan kesehatan anak setiap saat.

Post a Comment

MKRdezign

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget