Asam Urat dan Pengobatannya

Asam Urat dan Pengobatannya
Asam Urat dan Pengobatannya
Asam urat atau gout adalah penyakit yang ditandai oleh metabolisme abnormal pada asam urat yang menyebabkan kelebihan asam urat dalam jaringan dan darah. Ada beberapa kemungkinan terjadinya penumpukan asam urat dalam tubuh, termasuk artritis (pembengkakan sendi) asam urat akut dan kronis, batu ginjal dan deposit lokal asam urat (tophi) di kulit dan jaringan lain. Asam urat dapat terjadi dengan sendirinya (gout primer) ataupun karena berhubungan dengan kondisi medis lain atau obat (gout sekunder).

Arthritis

Asam urat adalah penyebab umum dari pembengkakan sendi terutama pada jempol kaki. Asam urat ini menjadi penyebab paling umum dari inflamasi artritis pada pria di atas usia 40 tahun.

Gejala Asam Urat

Gejala pertama dari asam urat biasanya tiba-tiba mengalami panas, merah,pembengkakan sendi dan nyeri parah pada hampir semua sendi (terutama pada lutut, pergelangan kaki, dan sendi-sendi tangan).
Kristal asam urat dapat terbentuk bentuk diluar sendi seperti pada dalam daun telinga, siku, dan tendon Achilles (belakang pergelangan kaki), atau jaringan lain. Akumulasi kristal ini dalam dunia medis dikenal sebagai tophi.

Pengobatan Asam Urat

Asam urat dapat hilang dengan sendirinya bahkan tanpa pengobatan pada serangan pertama setelah satu sampai dua minggu. Namun penyakit asam urat ini sering hadir kembali pada sendi yang sama atau di sendi lain. Seiring dengan waktu, serangan arthritis gout dapat terjadi lebih sering dan dapat bertahan lebih lama. Sementara serangan pertama biasanya hanya melibatkan satu atau dua sendi, beberapa sendi dapat terlibat secara bersamaan dari waktu ke waktu. Penting untuk dicatat bahwa dikenali (subklinis) dan peradangan ini berpotensi merusak sendi yang terserang.

Post a Comment

MKRdezign

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget